Tags

, , , ,


Boneka MushmusIde dapat menjadi lebih luas dan lebih besar dari pada kemampuan berpikir manusia yang menuangkan pertama kali. Ide dapat terus tumbuh dari masa ke masa, dari individu ke individu ataupun kelompok, melebihi masa usia pencetusnya sendiri.

Setelah selesai dalam mengisi acara berbagi pengalaman dalam IPB Blogging Day 2012 di Auditorium Andi hamkim Nasoetion Kampus IPB Dramaga, saya mendapatkan boneka cantik. Boneka ini sebagai oleh-oleh bagi para pengisi acara, bernama Boneka Mushmus.

Apa asiknya boneka Mushmus ini..?

Yang pertama adalah dari sisi bentuknya yang cantik. “Sesuatu” dibungkus dengan rapi, berbentuk seperti manusia yang mengenakan pakaian. Pakaian tidak selalu sama, karena menggambarkan banyak ragam pakaian khas daerah di Indonesia.

Berikutnya adalah, ternyata, boneka ini merupakan media tumbuh bagi jamur. Jenis jamur yang tumbuh disini adalah jamur tiram dan bersifat edible atau dapat dikonsumsi.

Bagaimana ceritanya..?

Tiap boneka Mushmus dikemas dalam tas atau wadah plastik dan disertai dengan sprayer ukuran kecil yang berisi air. Tidak lupa disertakan cara merawat boneka ini agar bisa menghasilkan jamur, alam bentuk petunjuk pemeliharaan dalam sepotong kertas yang ringkas. Di bagian atas boneka ada bagian yang tertutup kapas, jika dibuka kemudian disemprotkan air (dengan sprayer) sehari sekali maka jamur akan tumbuh 2-3 minggu. Dan dapat dipanen dalam 3-4 siklus panen.

Menarik ya, membayangkan boneka cantik yang dapat “berjambul” jamur tiram… : )

Bagi yang berminat, kontak yang tertera pada petunjuk pemeliharaan adalah:

Surel: BonekaMushmus@gmail.com, Alamat: Asrama Putri Dramaga, Jalan Rasamala no.2, Komplek Perumahan Dosen Kampus IPB Dramaga. Blog: bonekamushmus.blogspot.com.

Apa hubungannya acara IPB Blogging Day dengan oleh-oleh boneka Mushmus..?

Begini, bagi pembuat boneka akan selalu ada ide untuk mengisi blognya dengan produk baru atau segala hal tentang boneka Mushmus. Sedangkan bagi penerima atau pembeli boneka dapat menuangkan pengalamannya menanam jamur tiram melalui blog juga.

Lalu bagaimana bagi peserta IPB Blogging Day..? Mmm… mungkin jangan diganggu dulu karena mereka sedang asyik dengan blog competition-nya…

: )

*/ terimakasih untuk panitia IPB Blogging Day 2012 atas acaranya yang meriah dan oleh-oleh yang sangat menarik.