Tags

, , , ,


Peserta lomba pengetahuan komputer

Peserta lomba pengetahuan komputer pada Lomba Tingkat V tahun 2012 di Cibubur Jakarta

Siapa yang belum tahu blog..? Bagi generasi muda (sebut: pada usia SMP) maka blog bukanlah barang baru. Apakah anggapan ini berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia..? Bagaimana dengan anak “abege” di Papua, Kalimantan, atau Nusa Tenggara..?

Lomba Tingkat V, yang merupakan ajang lomba keterampilan Pramuka Penggalang tingkat nasional, membuktikan bahwa blog memang bukanlah hal baru bagi “abege berseragam coklat” dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia ini.

Pengetahuan komputer adalah salah satu kegiatan yang dilombakan. Isi dari lomba ini adalah membuat blog dan kemudian mengisikannya dengan artikel yang telah ditentukan oleh panitia. Artikel yang dipublikasikan ada dua buah, yaitu pertama adalah mengenai perjalanan regu menuju LT-V, sedangkan artikel kedua adalah hasil observasi di bumi perkemahan Cibubur (lokasi LT-V) saat lomba ini berlangsung.

Sebagai salah seorang yang ikut menyaksikan langsung jalannya lomba, saya melihat bahwa hampir tidak ada kecanggungan dan gagap dalam berselancar di internet bagi semua peserta. Regu putra dan putri yang diwakili oleh dua orang dari tiap regunya menampilkan kinerja yang tergolong mengesankan.

Apa yang mengesankan dari aktivitas mereka ini..?

Bagi saya, yang pertama terlihat adalah ketidakcanggungan mereka dalam berteman dengan laptop atau netbook. Datang dan masuk ruangan langsung siap dengan laptop dan modem, siap menerima penugasan dari panitia. Saya kagum.

Mereka berasal dari hampir semua Provinsi di Indonesia (32 regu perwakilan dari Kwartir Daerah, dari 33 yang seharusnya hadir). Keberagaman mereka terlihat dari pakaian lapangan dan asesoris bawaan mereka.

Semua hadir dan siap bermain dengan teknologi dalam bidang publikasi melalui media internet. Luar biasa.

Saat instruksi diberikan oleh kakak panitia, dan sangat berbau teknis, mereka dengan cepat menyerap dan segera melaksanakannya. Kesigapan dalam bekerjasama dan dalam mengendalikan komputer pada jalur internet membuat saya terdecak (dalam hati).

Belum lagi saat melihat hasil kerja mereka dalam membuat dan mengisi blog dalam waktu hanya sekitar tiga jam dengan dua buah postingan artikel yang dibatasi topiknya. Hampir semua berhasil melaksanakan tugas dengan baik dan cukup meyakinkan.

Saya katakan hampir semua, karena ada juga yang terbilang “gagal” lebih karena masalah koneksi daring (problem dengan komputer, modem, atau… habis pulsa…). Dan dari puluhan peserta ini hanya beberapa saja yang gagal total. Itupun tidak didominasi dari “daerah ujung” Indonesia. Tingkat kegagalan yang sangat rendah. Hebat.

Sebagai mantan Pramuka yang hanya sempat mengenyam Lomba Tingkat III beberapa puluh tahun lalu, kenangan akan hebatnya menjadi anggota Pramuka terbayang segera, nyata, dalam format berbeda, di depan mata.

Apa yang saya lihat ini menjadi bukti nyata, sekali lagi, bahwa dunia blog adalah bukan lagi dunia yang asing bagi generasi muda di seluruh Indonesia.

Adalah menjadi “kebodohan luar biasa” jika adik-adik generasi hebat ini tidak dibina dengan bijak oleh semua pihak terkait. Terutama, tentunya, dalam bidang pemanfaatan teknologi yang sudah menjadi darah kehidupan kita semua saat ini.

Beberapa foto pada saat acara berlangsung dapat dilihat pada slide berikut ini.

This slideshow requires JavaScript.

Selamat untuk para peserta Lomba Tingkat V tahun 2012 ini. Tetap jaga kondisi kesehatan dan semangat ya. Anda semua mampu membuktikan bahwa generasi muda Indonesia sangat mampu menguasai teknologi, dan juga mampu menggunakannya dengan baik dan benar.

Salam Pramuka..!!!

: )