Tags

, , , , , ,


Mudiknya orang spasial

Mudiknya orang spasial (gambar dari Latitude)

Waktu mudik telah tiba. Semua persiapan pastinya telah dilakukan dengan matang untuk menempuh perjalanan dengan waktu yang panjang. Jarak bukanlah penentu utama lamanya perjalanan, tetapi kemacetan (atau kelancaran) adalah penentunya.

Jika anda orang (yang selalu berpikiran) spasial, apapun profesinya, maka ada hal lain yang sebaiknya anda lakukan selama mudik. Salah satunya adalah mencatatkan lokasi perjalanan anda. Pentingkah ini..?

Bagi saya (walau bukan termasuk golongan pemudik) tentunya sangat penting. Terutama jika kita akan berkumpul dengan keluarga dari berbagai lokasi/daerah dan menuju satu kota tertentu, dan semua bisa saling memberi tahu telah sampai dimana saat itu. Atau bepergian dengan rombongan yang sangat mungkin terpisah karena satu dan lain hal, maka bisa saling memberi informasi lokasi kita pada rombongan lain.

Dengan mengetahui hal ini tentunya semakin asik perjalanan kita.

Apa yang bisa kita lakukan terait hal diatas..? Cukup gunakan hape, dan pastikan hape anda ber-GPS tentunya. Hampir semua hape sekarang sudah ber-GPS kan.? Lalu aktifkan atau gunakan perangkat lunak penunjang, misalnya:

  • Latitude, perangkat lunak gratis dari Google, yang mencatatkan posisi kita secara otomatis dan lokasi kita dapat terlihat oleh orang lain yang kita ijinkan, atau bisa juga publik jika ditampilkan sebagai widget di laman web/blog kita. Berfungsi optimal pada hape smart-phone. Dengan Latitude kita bisa melihat “sebaran” dari semua orang yang telah terkoneksi kita melalui perijinan khusus (Sila baca: Sebaran Mudik di Latitude). Kita bisa juga melakukan check-in di lokasi dimana kita berada.
  • Facebook, perangkat lunak yang nggak asing lagi bagi semua orang, dapat juga mencatatkan lokasi keberadaan kita. Gunakan check-in yang ada pada menu, untuk memilih lokasi kita. Sayangnya nggak sembarangan lokasi bisa kita rekam posisinya. Harus disesuaikan dengan yang telah ada di Facebook.
  • Twitter, aktifkan GPS dan opsi lokasi, lalu nge-tweet-lah dimanapun maka lokasi anda akan dapat dilihat atau diketahui oleh follower anda.
  • Foursquare, perangkat lunak ini mempunyai lokasi check-in yang cukup banyak, dan semua berbasis lokasi. Jadi jika kita berada di suatu tempat langsung saja aktifkan dan cari lokasi terdekat yang telah terdaftar untuk check-in.

Semua perangkat lunak diatas adalah free, bisa kita unduh dari berbagai sumber (tergantung OS yang hape kita gunakan, yang berbasis Java juga ada). Masih banyak lagi perangkat lunak yang berjalan di hape kita dapat membantu dalam mengabarkan lokasi secara mudah.

Beberapa hal pendukung yang harus disiapkan jika kita menggunakan hape untuk perjalanan yang penuh dengan “pelaporan posisi” adalah sebagai berikut:

  • Pastikan anda memiliki paket data (internet) pada modus unlimited sehingga tidak menguras pulsa biasa yang tentunya kita perlukan untuk komunikasi telepon atau berkirim SMS. Unlimited menenangkan hati pemakai internet di hape.
  • Bagaimana dengan umur batere hape..? Bukankah dengan memakai GPS dan internet maka batere cepat habis..? Untuk hal ini jangan lupa bawa charger, tentunya. Jika anda naik mobil/kereta eksekutif maka bawalah charger yang bisa dicolokkan ke listrik mobil/kereta. Jika anda naik bis atau motor maka bawalah power bank yang banyak sekali macamnya. Power bank ada yang ber-batere alkaline, ada juga yang harus di-charge dulu sebelumnya, sehingga anda bisa men-charge dengan gampang. Atau gunakan tempat istirahat untuk men-charge batere hape anda, tetapi ini biasanya ada bayarnya lho… hehe.

Apakah hanya posisi saja yang “dilaporkan” atau dibagikan..?

Tentunya nggak lahyau, karena banyak hal lain yang bisa kita bagikan pada rekan-rekan atau keluarga selama dalam perjalanan. Foto adalah salah satunya. Jangan lupa mengabadikan banyak hal diperjalanan, termasuk kondisi macet atau lancar… Silakan baca tulisan saya tentang foto-memfoto ini pada: Jika Orang Spasial Pulang Kampung.

Mari berbagi dalam wawasan spasial. Tetapi, tetap utamakan keselamatan anda…!

Selamat mudik rekans semua… : )