Tags

, , , , , , , ,


Foto bersama menjelang fieldtrip

Foto bersama menjelang fieldtrip

Mempertemukan banyak individu dalam satu kegiatan bukanlah gampang. Apalagi jika para yang bersangkutan telah terpencar pada lokasi yang sangat luas. Kegiatan ITC Refresher Course tahun ini, yang berlangsung di Manado, berhasil melakukannya.

ITC Refresher Course kali ini mempunyai tema kegiatan: “Community based Hazard and Risk Assessment for Spatial Planning in Eastern Indonesia“. Peserta yang mengikuti ITCRC ini terdiri dari para penerima beasiswa dari NFP Belanda “dimasa lalu”, dan juga melibatkan beberapa peserta diluar tersebut.

Peserta berasal dari Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Bali, Papua, Papua Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jakarta. Instansi peserta pun beragam. Secara spasial sebaran asal peserta cukup lumayan luas dan mewakili Indonesia bagian Timur. Kegiatan ini didukung penuh oleh Nuffic Belanda, dan dilaksanakan bersama oleh BPPT, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, Universitas Sam Ratulangi, dan ITC Twente. Perencanaan dan pelaksanaan didukung dan difasilitasi oleh Ikatan Alumni ITC Indonesia.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 16 November 2012 ini bertempat di Universitas Sam Ratulangi, terdiri dari kegiatan kelas, kegiatan laboratorium komputer, dan kegiatan kunjungan ke lapangan. Kunjungan ke lapangan dilaksanakan sesuai dengan topik bahasan di kelas, yaitu terkait dengan bencana gunung berapi dan bencana banjir.

Lokasi kunjungan lapangan ke Gunung Lokon di kota Tomohon, lalu ke Pusat Pengamatan Gunung Api PVMBG di Tomohon, dan kemudian ke lokasi banjir di kota Manado yaitu di kelurahan Dendengan Luar kecamatan Tikala.

Danau Tondano yang indah tak lupa dikunjungi saat istirahat siang di tengah perjalanan pada hari kunjungan lapangan.

Kegiatan harian yang penuh dari jam 9 hingga jam 17 sangat menyita energi. Hari Minggu yang hadir pun tidak disia-siakan oleh sebagian besar peserta untuk menikmati keindahan alam di Bunaken.

Saya pribadi senang sekali dapat berkumpul dengan semua rekan-rekan dari banyak daerah, dimana sebagian besar mempunyai cerita “nostalgia” yang sama tentang pengalaman saat hidup di Belanda… : )

Semoga kita bisa terus menjaga hubungan untuk bersama menjadikan negeri tercinta ini lebih baik lagi, terutama di bidang keilmuan spasial.

Album foto kegiatan dapat diakses dengan klik disini.

Beberapa dapat dilihat pada slideshow berikut ini.

This slideshow requires JavaScript.

: )

*/ ———-

Tulisan terkait: