Tags

, , , , , , ,


Suasana Pelatihan

Suasana Pelatihan

Berada di Indonesia adalah berbeda dengan merasa berada di Indonesia. Permainan kata..? Bukan, itulah yang saya alami dan rasakan selama beberapa waktu berkumpul dengan kakak-kakak Pramuka di Pusdiklatnas Pramuka Cibubur, Jakarta.

Kejadiannya adalah pada suatu kesempatan dimana saya diberi kepercayaan memberikan materi pada acara “Training of Trainer Asesor Akreditasi Gugus Depan dan Litbang Data Dasar Gerakan Pramuka”. Pada acara ini hadir dari hampir seluruh perwakilan Kwartir Cabang Pramuka (setingkat Kabupaten/Kota) di Indonesia. Saat ini, kalau tak salah, ada 497 Kabupaten/Kota di wilayah administrasi Indonesia.

Apa hubungannya dengan merasa di Indonesia..?

Jika kita pernah peduli dengan Indonesia sebagai bangsa dan wilayah, maka kita pasti paham bahwa Indonesia terdiri dari buanyak banget suku dan tentunya bahasa. Dari ujung Barat hingga ujung Timur Indonesia terdapat perbedaan yang sangat beragam. Tidak hanya bahasa, tetapi juga bawaan sikap dan juga profil yang setidaknya mewakili tempat dari mana berasal.

Berbicara dan berinteraksi dengan (hampir) seluruh peserta pada pelatihan ini langsung terasa bahwa inilah orang-orang Indonesia. Tiap peserta mempunyai gaya bahasa berbeda, gaya bertanya atau berdiskusi juga berbeda. Yang membuatnya sama hanya satu, semangat untuk bisa dalam pelatihan. Ini hebat.

Keberagaman yang luar biasa tetapi disatukan oleh semangat kebersamaan, semangat keingintahuan, dan perjuangan dalam menguasai materi pelatihan dengan baik dan benar.

Seperti halnya manusia lainnya, tentunya kadar semangat dari masing-masing kakak-kakak ini berbeda. Ada yang masih (agak) ragu-ragu dalam melangkah, tetapi banyak juga yang dengan pasti melahap semua materi yang tersaji. Yang jelas semua mau untuk melangkah maju..!

Indonesia yang beragam dan bersatu adalah Indonesia yang sama dengan yang saya pelajari sejak jaman mengenal sekolah. Sepuluh tahun terakhir agaknya susah bagi saya untuk merasakan berada di Indonesia. Tetapi kemarin, saat pelatihan, rasa itu datang lagi.

Merasa berada di Indonesia itu sangat membahagiakan, saudara-saudara..!

: )

This slideshow requires JavaScript.

Artikel lain terkait Pramuka dapat dibaca dengan klik disini.

_