Tags

, ,


Setelah lama tahu tetapi belum perlu, maka setelah perlu datang segeralah dipraktikkan. Itu kebiasaan saya dalam mencoba hal baru yang disesuaikan dengan keperluan.

Risiko dari kebiasaan ini adalah lupa dan lupa serta lupa. Tahunya sudah lama tapi nggak pernah dicoba maka yang tadinya belum bisa sekarang masih belum bisa.

Posting blog melalui antarmuka pengguna yang telah disediakan (via WordPress, Blogspot, dll) mungkin lebih terbiasa dilakukan oleh para blogger. Saat “yang bukan blogger” harus isi blog maka persoalan akan muncul. Cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan kemampuan perangkat lunak pengolah kata, seperti MS Word. Tapi caranya gimana?

Setelah meng-googling, didapatlah beberapa alternatif.

Dengan menggunakan MS Word 2007, langkah yang digunakan adalah:

  1. Jalankan MS Word seperti biasa
  2. Klik menu utama (kiri atas), lalu klik Publish, dan pilih Blog.
  3. Jika baru mulai, maka akan ditanya alamat blog dan akun serta sandi. Isikan sesuai dengan alamat, user, dan sandi anda.
  4. Akan terbuka window baru, silakan dicoba menulis dan memposting. Jangan lupa, saat akan mem-publish pastikan komputer terhubung dengan internet.

[Enter Post Title Here] adalah untuk judul artikel. Selanjutnya silakan saja memulai menulis dan bisa juga dengan memasukkan gambar yang diinginkan.

Kategori tulisan juga bisa dimasukkan, cukup dengan klik menu Insert Category kemudian pilih kategori sesuai yang telah ada di blog anda.

Jika sudah siap, maka silakan klik menu Publish. Pada posisi ini kita dapat menyimpan tulisan dalam Draft atau langsung mem-publish pada blog.

Dokumen yang kita tulis melalui MS Word ini dapat kita simpan sebagai dokumen biasa dengan ekstensi .docx.

Artikel yang saya tulis ini adalah ditulis melalui MS Word 2007.

Mau coba..?

: )