Tags

, , , ,


Informasi tentang Penerbitan Paspor dan Tata Cara Permohonan Paspor Online.

Informasi tentang Penerbitan Paspor dan Tata Cara Permohonan Paspor Online.

Paspor (passport) menjadi penting saat mana kita berurusan dengan perjalanan antarnegara. Karena paspor, sebagai Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI), merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan pemerintah yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan ke luar atau masuk wilayah negara RI. Hampir sama dengan KTP saat di dalam negeri, paspor merupakan tanda pengenal resmi saat di luar negara tercinta ini.

Beberapa kali mengurus paspor di kantor imigrasi mendatangkan berbagai pengalaman menarik. Salah satunya adalah pada saat tahun 2006 lalu (baca: Paspor Hijau).

Satu hal yang penting saat mengurus paspor adalah mengetahui dan memahami tata caranya. Hal ini meliputi:

  • Persyaratan permohonan, dengan menyertakan: bukti domisili, bukti identitas, surat ganti nama (jika perlu), surat rekomendasi (untuk PNS/TNI/Polri), surat rekomendasi Kementerian/Dinas Tenaga Kerja (untuk TKI), paspor lama (jika sudah pernah punya paspor).
  • Persyaratan untuk Anak dibawah Umur (< 17 tahun).
  • Mekanisme penerbitan paspor, merupakan urutan langkah yang harus dilakukan.
  • Biaya pembuatan paspor (48 atau 24 halaman), yang dibedakan lagi berdasarkan beberapa kategori.

Bagi yang tinggal di Kota Bogor, maka dapat langsung saja menuju ke Kantor Imigrasi Klas II Bogor yang beralamat di Jalan Jenderal A. Yani no.65 Kota Bogor. Atau coba-coba berselancar ke laman situs Kantor Imigrasi Bogor.

Hal-hal tersebut diatas dapat kita baca pada laman situs Imigrasi setempat atau selebaran. Sayangnya untuk laman Biaya pada situs web Imigrasi Bogor, tidak bisa saya akses pada tanggal 28-30 Mei 2013. Tapi dari selebaran yang saya dapat semua informasi ada disana.

Lokasi Kantor Imigrasi Bogor pada peta Google adalah sebagai berikut:

K: Lokasi Kantor Imigrasi Klas II Bogor

Jika langsung datang ke Kantor Imigrasi ini, maka jangan sungkan langsung saja tanyakan banyak hal ke bagian informasi. Akan dilayani dengan sangat baik, setidaknya demikian yang saya alami di tahun 2013 ini. Semua penjelasan sangat ringkas dan membuat tidak bingung.

Tersedia juga selebaran mengenai informasi penerbitan paspor dan permohonan paspor secara daring. Jika memerlukan pindaiannya silakan unduh berikut ini:

Selebaran ini saya dapatkan pada akhir bulan Mei tahun 2013, sehingga saat tulisan ini anda baca maka ada kemungkinan telah berubah. Jadi sangat disarankan cek-ricek lagi melalui laman situs Kantor Imigrasi Bogor atau laman Layanan Publik pada situs Dirjen Imigrasi Kemenkumham.

Semoga berguna… : )