Tags

, , , , , , ,


Collaborative Short Course "Terrestrial Laser Scanning: Remote Sensing from The Ground"

Collaborative Short Course “Terrestrial Laser Scanning: Remote Sensing from The Ground”

Bentukan tiga dimensi (lebih biasa disebut dengan: 3D) merupakan bentukan yang selalu kita lihat sehari-hari. Bentukan ini kita lihat sejak membuka mata saat bangun tidur hingga lelap dimalam hari.

Dijaman yang cenderung serba dijital ini, maka bentukan 3D pun hadir dan sudah cukup lama dikembangkan. Salah satu metode dalam membangun bentukan 3D dalam format dijital adalah dengan memanfaatkan Three Dimensional Terrestrial Laser Scanning (TLS).

3D TLS adalah teknik untuk mengukur posisi dan dimensi objek dalam ruang tiga dimensi. Secara sederhana dapat kita katakan bahwa sinar laser dipancarkan dari sumber cahaya laser dan digunakan untuk memindai permukaan benda di sekitarnya. Instrumen yang digunakan untuk mengarahkan sinar laser tersebut ke arah yang bervariasi bernama “laser scanner” dan terinstal di suatu landasan (ground based).

Pemindaian oleh 3D Terrestrial Laswer Scanning.

Pemindaian oleh 3D Terrestrial Laser Scanning.

Alat pemindai 3D LST ini banyak macamnya dari berbagai pabrikan, antara lain:

Semua obyek yang terpindai dapat diketahui jaraknya terhadap pemindai dengan sistem perhitungan berbasis impuls. Dengan menggunakan teknik berbasis impuls maka jarak antara scanner dan objek ditentukan berdasarkan waktu tempuh puls cahaya yang dibutuhkan untuk perjalanan dari pemindai ke objek dan kembali. Waktu tempuh ini adalah dua kali lipat waktu yang diperlukan untuk perjalanan satu arah, maka didapatkan rumus sederhana:

Jarak = 0,5 * t * v

Dimana t adalah total waktu pergi-pulang (emisi dan deteksi puls diukur pada instrumen pemindai) dan v adalah kecepatan cahaya (300.000 km ~ per detik), akan menghasilkan angka jarak pemindai ke objek.

Teknik pemindaian 3D LST ini dapat diaplikasikan untuk banyak bidang, antara lain adalah:

  • Perekaman gedung arsitektur kuno untuk renovasi
  • Forensik kepolisian di dalam dan luar ruang
  • Perhitungan parameter pohon dalam bidang kehutanan.

Sebagai gambaran dari bentukan 3D TLS (cloud) dapat disaksikan pada video berikut:

Beberapa sumber bacaan acuan mengenai 3D TLS ini antara lain:

  • 3D Terrestrial Laser Scanning (AWF-Wiki) – klik disini.
  • Dominik Seidel: Terrestrial Laser Scanning. Application in Forest Ecological. – klik disini.

_

Bahan dari: Collaborative Short Course “Terrestrial Laser Scanning: Remote Sensing from The Ground” yang diselenggarakan oleh Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor dan Georg-August-University Göttingen. Pemberi materi adalah Dr. Dominik Seidel.

Terimakasih untuk Panitia (Pak Prof. Nengah, dan kang Dr. Tatang Tiryana) yang telah memberi kesempatan ikut belajar mengetahui dan menggunakan pemindai 3D TLS ini.

 

_