Tags

, , ,


Kupon Belanja di AIT (1996).

Kupon Belanja di AIT (1996).

Tahun 1996, mondok beberapa hari di AIT (Asian Institute of Technology), yang berlokasi sekian kilometer dari Bangkok, Thailand. Salah satu yang asik adalah cara membeli makanannya.

Makanan Thai memang banyak yang enak, tapi nggak semua bisa dikonsumsi begitu saja. Demikian juga dilingkungan kampus AIT.

Di kampus ini disediakan tempat makan atau semacam “pujasera”. Beragam makanan ada disini. Terdapat juga “konter halal” yang menyediakan makanan dijamin halal. Setidaknya yang jualan adalah muslim dan memasang label halal di konternya.

Cara membeli makanan disini adalah menggunakan kupon belanja. Kita harus beli kupon dulu sebesar sekian bath. Dikupon terdapat angka-angka besaran tertentu yang menggambarkan besar nilai dalam bath.

Saat belanja makanan maka kita sodorkan saja kupon tersebut. Misalnya harga total adalah 6 bath maka angka 5 dan 1 pada kupon akan dicoret oleh si penjual.

Selain untuk belanja makanan di pujasera ini, kupon dapat juga dipakai untuk belanja di toko makanan kemasan. Misalnya untuk beli kudapan, mi instan atau minuman botol.

Sistem pembelian dengan kupon ini entahlah apakah masih berlaku saat ini. Mungkin sudah berubah pakai “uang plastik” atau yang lain.

: )