Tags

, , ,


Presentasi LDR

Presentasi LDR

Siapa bilang LDR (Long Distance Relationship) itu susah..? Dijaman kini LDR bisa dilakukan dengan asik dengan memanfaatkan teknologi. LDR yang saya maksud disini adalah tetap menjaga hubungan baik dengan semua pihak, termasuk rekan-rekan “sealiran” dalam dunia kajian remote sensing di tanah air.

Beberapa waktu lalu saya diminta pendapat mengenai satu bentukan modul pelatihan remote sensing dalam bidang kehutanan, yang akan menjadi modul pelatihan standar di Asia Tenggara melalui suatu proyek kerjasama antarnegara. Ibu Ayun, rekan yang saya kenal dari Facebook, kontak saya untuk terlibat dalam workshop dua hari di Bogor, yang diselenggarakan oleh Balitbang Kehutanan.

Berhubung saat ini saya ada di belahan lain dunia, maka kehadiran saya di Bogor adalah hanya dalam bentuk visual dan suara. Sebagian orang menyebutnya sebagai teleconference. Tapi mungkin juga kurang tepat istilahnya.

Saya dan panitia memanfaatkan aplikasi komunikasi di internet yang cukup handal yaitu Skype. Saya di Michigan menggunakan laptop yang dilengkapi dengan kamera, mikropon dan speaker (standar laptop), sementara panitia di Bogor juga sama ditambah dengan layar monitor yang disambungkan dengan proyektor. Sehingga secara visual peserta workshop dapat melihat saya sekaligus mendengar suara dari speaker di laptop panitia yang telah disambungkan ke sistem suara di ruangan.

Suatu konfigurasi peralatan yang sederhana, tetapi memang mengandalkan koneksi internet yang baik.

Alhamdulillah saya bisa mengunjungi Bogor dimulai jam 22 EST (sama dengan jam 9 WIB) hingga acara bagian saya selesai sekitar jam 23.30 EST. Saya bersapa dengan pak Adi Susmianto (Kapus Litbang Konservasi dan Rehabilitasi, Balibang Kehutanan), Bapak I Nengah Surati Jaya (Kehutanan IPB), Bapak Projo Danudoro (PUSPIC UGM) dan peserta lain yang saya tidak ketahui karena saya tidak melihat langsung😀

Walau tidak berada langsung di ruang workshop, saya bersiap dengan pakaian seolah hadir disana, dengan hem dan jas. Tentunya hal ini sangat diperlukan dalam rangka saling menghormati even yang berlangsung.

LDR seperti ini sangat penting dijaga dalam rangka saling memberi asupan perkembangan yang ada dalam dunia remote sensing.

Terimakasih untuk bu Ayun dan panitia yang telah melibatkan saya. Semoga beberapa masukan yang saya berikan dapat berguna bagi pengembangan modul pelatihan tersebut.

Terimakasih juga untuk pasukan di rumah yang setia menemani sampai larut malam, plus foto-foto aksi di belakang laptop saat acara berlangsung😀

*/ : )