Tags


Mewarnai Indonesia

Mewarnai Indonesia

Kegiatan Blogging untuk Nusantara bukanlah ide baru, saya mencoba menyemangati diri saya dan mencoba mengajak rekan-rekan blogger untuk, setidaknya, mencoba menjelajah Nusantara dengan tulisan. Apa yang dimaksud dengan Menjelajah Nusantara dengan Tulisan seperti judul tulisan ini?

Dalam dunia nyata, menjelajah Nusantara adalah dengan mendatangi lokasi-lokasi tujuan secara fisik. Saya yang orang Bogor secara fisik berada di Palembang, artinya saya sedang mengunjungi ibu kota Sumatera Selatan tersebut. Dalam dunia maya, saat saya menulis blog pribadi dan menceritakan tentang Palembang maka saya berada di-blog tersebut. Artinya adalah orang yang berkunjung ke-blog sayalah yang membaca tulisan saya tentang Palembang. Blog saya bisa berada di alamat pribadi (melalui Blogspot, WordPress, Medium, dan lain-lain), dapat pula berada di penyedia blog komunitas (misalnya Kompasiana, BlogDetik, dan lain-lain).

Para blogger tahu bahwa menulis dialamat pribadi dan dialamat komunitas tentu beda rasanya. Perumpamaannya adalah bagai berjualan di warung depan rumah atau toko di Pasar Anyar misalnya. Jika di warung depan rumah, maka hanya orang yang lewat saja yang mampir, tetapi jika di toko di Pasar Anyar maka pendatang adalah random, siapapun yang ke Pasar Anyar bisa mampir ke toko kita tanpa sengaja.

Nah, dari tulisan diatas, saya ingin fokus pada penyedia blog komunitas, dan mencoba mengelompokkan menjadi kelompok Nasional dan kelompok Daerah. Kelompok Nasional disini saya masukkan BlogDetik dan Kompasiana, setidaknya kedua penyedia blog ini sangat ternama saat ini. Penulisnya dari berbagai daerah, bahkan luar negeri, sebagian selebriti dan politisi yang mempunyai massa masif dan terstruktur, eh,🙂

Sementara itu untuk kelompok Daerah adalah penyedia fasilitas serupa dengan kelompok sebelumnya tetapi lebih bersifat kedaerahan. Kelompok ini lebih fokus pada blogger yang menuliskan mengenai seputaran tempat tinggal dalam cakupan kota atau kabupaten atau provinsi. Sebagian lagi lebih bersifat keagamaan, kebudayaan, ataupun profesi yang, sekali lagi, terkait dengan daerah tertentu.

Beberapa situs kelompok Daerah ini, yang saya amati, mempunyai semangat luar biasa dalam mengajak penulis “lokal” untuk menuliskan banyak hal tentang daerahnya. Tetapi terlihat bahwa keterlibatan “warga lokal” memang masih sulit diharapkan. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, tentunya.

Saya tertarik dengan gerakan menyumbang tulisan pada kelompok Daerah. Karena saya melihat ada banyak hal positif yang bisa didapat dari sumbangan ini, antara lain:

  • Menyumbangkan tulisan dengan isi “rasa baru” (karena bukan orang lokal), hal ini akan menambah warna dari komunitas tersebut. Misalnya saya menceritakan mengenai oleh-oleh apa yang harus dibeli di Bogor saat orang Palangkaraya berkunjung ke Bogor (contoh sumbangan tulisan di komunitas Palangkaraya).
  • Memberikan semangat pada penyedia fasilitas dan pembentuk komunitas untuk membesarkan komunitas tersebut. Hal ini bisa terbentuk lambat laun, karena frekuensi pendatang pada situs tersebut akan semakin tinggi jika banyak hal baru dan berguna.
  • Banyaknya kunjungan disitus tersebut akan memancing semangat penulis-penulis lokal untuk memulai tulisan-tulisan mereka. Untuk hal ini memang bukanlah efek domino, tetapi saya meyakini hal tersebut akan terjadi.

Tulisan pada kelompok Daerah tersebut tidaklah perlu segiat kita menulis pada blog sendiri. Tetapi yang penting adalah tulisan yang menarik dan mampu membuat warna. Dengan demikian, mungkin tanpa disadari, kita bisa ikut serta membesarkan simpul-simpul menulis dibanyak tempat di Nusantara.

Tampilkan taut blog pribadi sebagai penanda pada tulisan tersebut. Maka hal ini pun akan ikut serta membesarkan blog sendiri, jika perlu.😀

Dengan demikian tidak tertutup kemungkinan blogger di daerah Aceh menulis untuk “pembaca lokal” di daerah Gorontalo, blogger Samarinda menulis untuk pembaca lokal di daerah Nusa Tenggara Timur, blogger Ambon menulis untuk pembaca lokal daerah Sumatera Barat. Inilah yang saya maksudkan dengan menjelajah Nusantara dengan tulisan.

Bayangkan, kekayaan akan keberagaman negeri kita bisa dinikmati di seluruh bagian Nusantara. Apakah dengan demikian akan mematikan kelompok Nasional..? Sama sekali tidak..! Yang punya akun di kelompok Nasional tetaplah menulis. Tetapi dengan membagi satu dari lima tulisan ke kelompok Daerah, kan lebih asik lagi.🙂

Saya sudah mencoba berbagi tulisan untuk pembaca lokal di Lampung dan di Bali. Masih banyak stok ide tulisan yang akan saya sebarkan lagi ke berbagai tempat di Nusantara.

Jika anda tertarik, mari lakukan penjelajahan ini, dan berbagi pengalaman mengenainya.

*/ : )