Tags

, ,


Mengabadikan akun Facebook

Mengabadikan akun Facebook

Hampir semua rekan di Facebook, tentunya yang telah lama menjadi penduduk Facebook, mengalami kehilangan dengan meninggalnya seseorang rekan atau saudaranya di media sosial itu. Begitu juga saya ketika kehilangan kakak saya yang menjadi “aktivis” di Facebook ini. Yang terpikir disaya terkait medsos ini adalah bagaimana dengan akunnya.

Kami tidak pernah berbagi kata sandi, jadi saya tidak bisa mengontrol apapun yang bakal terjadi dengan akunnya sepeninggalnya. Akun Facebook menjadi begitu berharga saat mana telah menumpuk foto dan video serta (apalagi) koneksi rekan yang sangat banyak. Jika akun tersebut diduduki (hacked) kemudian digunakan untuk hal negatif maka akan sulitlah saya atau rekan kakak yang lain mengatasinya.

Dari berbagai pencarian solusi akhirnya saya mengetahui bahwa Facebook mempunyai cara untuk meng-handle kondisi semacam ini, yaitu dimana penggunanya telah meninggal.

Pada laman Help Center, facebook memberikan keterangannya (sila klik disini).

Facebook mempunyai dua opsi, yaitu mengabadikan atau menghapus akun tersebut. Jika akun akan diabadikan maka nantinya akan ada kata Remembering diatas nama pemilik akun pada wall-nya. Semua status, foto, dan lain-lain tetap dapat dilihat oleh pengguna lain sejauh mana ia mengesetnya terakhir kali (friends, friend of friend, public, private). Akunnya tidak akan muncul dalam promosi pertemanan You May Know dan tidak akan muncul juga pada notifikasi ulang tahun.

Notifikasi ulang tahun selalu menjadi masalah karena memang tidak semua rekan Facebook mengetahui bahwa pemilik akun tersebut telah meninggal. Selalu saja ada yang memberi ucapan selamat ulang tahun yang biasanya dilakukan tanpa perlu datang ke wall yang bersangkutan.

Bagaimana melaporkan akun yang pemiliknya telah meninggal?

Yang saya lakukan adalah ke laman pelaporan (sila klik disini). Lalu pilih salah satu dari opsi yang ada: Memorializing atau Removing.

Isian yang diperlukan.

Isian yang diperlukan.

Isian yang diperlukan adalah

  • Email saya (email login di Facebook saya)
  • Alamat lengkap (URL) profil akun yang dilaporkan
  • Tanggal kematian
  • Bukti kematian, dapat berupa alamat situs yang menerangkan kematiannya (ini yang saya lakukan, karena saya membuat postingan khusus ketika kakak meninggal) atau juga pengunggahan file (nah ini saya nggak tahu maksudnya file apa).

Setelah itu kita menunggu review dari Facebook. Yang saya alami adalah waktu review sekitar 2-3 hari, kemudian ada pemberitahuan melalui email kita apakah permintaan diterima atau ditolak.

"Remembering"

Penambahan kata “Remembering”

Bagaimana jika yang meninggal mempunyai akun lebih dari satu?

Demikian yang terjadi dengan kakak saya, ia mempunyai akun lebih dari satu. Pada kesempatan pertama pelaporan saya ke Facebook, saya melaporkan semua akunnya. Tetapi laporan yang diterima hanyalah satu akun. Kemudian saya lakukan pelaporan lagi untuk akunnya yang lain sekian waktu kemudian, jadi ada jeda waktu sekian hari, dan diterima. Saya tidak tahu kebijakan/peraturan yang diterapkan oleh Facebook mengenai kasus lebih dari satu akun seperti itu, tetapi demikianlah yang saya lakukan.

Jadi, sekarang akun-akun mendiang kakak saya telah dalam posisi remembering, sehingga keluarga dan rekan-rekannya tetap bisa melihat semua peninggalannya di Facebook.

Semoga berguna bagi anda yang ingin berlaku serupa terhadap keluarga/rekan pemilik akun Facebook yang telah meninggal.