Tags

,


Sumber gambar: 2011gs27.blogspot.com

Sumber gambar: 2011gs27.blogspot.com

Anggota organisasi layaknya anggota sebuah rumah. Mempunyai identitas yang sama, dan saling mengenal dengan baik. Memiliki pemimpin dan ada yang dipimpin.

Berdasarkan catatan diluar buku teks, dengan mengasosiasikan beberapa aktivitas di sekitar, ada beberapa tipe anggota sebuah organisasi. Antara lain adalah:

Tipe Satpam. Tipe ini nggak pernah di dalam rumah. Selalu sibuk ditempat lain dan pulang hanya saat perlu ambil minum kopi atau ambil korek bakal merokok. Ia mengaku anggota rumah yang tidak pernah tahu kegiatan di dalam rumah.

Tipe Ojek. Tipe ini bisa di rumah atau di pangkalan cari muatan. Ia bisa bantu kegiatan rumah, sekaligus memberitahu kalau ada kegiatan lain di luar rumah. Ia sekaligus bisa mengantarkan anggota rumah ke lokasi lain yang sedang ada kegiatan.

Tipe Sales MLM. Tipe ini punya kegiatan padat di luar tetapi cari mangsa ke dalam rumah. Rumahnya diajak berpartner dan berbisnis. Anggota rumah diprospek. Alih-alih menghidupi kegiatan rumah, ini malah menghidupi kelompoknya sendiri dengan memanfaatkan orang di rumah.

Tipe Tuan Rumah. Tipe ini tahu persis kondisi rumah dengan detil. Semua posisi perabot dan jumlah piring yang ada hafal diluar kepala. Ia tahu siapa saja anggota rumah yang mampu menjadikan rumah terang dengan lampunya, atau yang dapat membuat dinding cemerlang dengan catnya, atau yang mampu mengatur keuangan rumah sehingga kegiatan terus berjalan. Ia yang mampu menghidupkan suasana rumah dengan kegiatan internal maupun dengan mengundang tetangga untuk datang meramaikan.

Tipe-tipe diatas tidak ada dalam pelajaran di kelas. Ini hanya perumpamaan yang dihasilkan dari analisis iseng saja.

Percaya dengan analisis iseng?

ūüôā