Tags

, , , ,


Modem wi-fi dan paket data.

Saat bertugas di daerah yang belum ter-cover oleh provider telepon selular yang saya pakai itu merepotkan. Bukan hanya karena tidak bisa berkomunikasi normal (suara atau teks) tetapi juga tidak bisa internet. Sering kali saya dan tim survey saling ganggu: makanya jangan hanya beli pulsa, tapi beli juga sinyalnya.

Saya pakai XL yang hampir nggak ada masalah kalau dipakai di Jabodetabek. Saat saya ke pedalaman di Bengkulu atau Sulawesi Tengah atau Riau atau Pulau Weh maka sinyal tiada berjumpa lagi. Lalu apakah harus ganti kartu (SIM) tiap kali bepergian? Secara praktik ya dimungkinkan tapi secara praktis ya nggak lah.

Untuk mengatasi masalah ini, saya mengakali dengan membawa modem wi-fi. Modem wi-fi, yang memang dipakai di rumah, saya pinjam dulu untuk keperluan blusukan. Saya isikan dengan paket internet dari provider yang mempunyai jaringan luas, Telkomsel. Cukup dengan membeli paket data, langsung colok di modem, beres. Sekalipun nomor XL saya tidak terjangkau (untuk komunikasi suara atau teks konvensional/biasa), tapi masih bisa dijangkau melalui internet. Saya pun masih tetap bisa menjangkau dunia luar dengan memakai jalur internet.

Enam bulan terakhir saya selalu beli sinyal saat bertugas blusukan. Cukup beli paket, colok, beres. Kalau paket habis, beli lagi paket yang baru. Mengapa nggak diisi ulang saja? Ternyata untuk isi ulang lebih mahal dibandingkan dengan beli kartu (paket) perdana, dan saat ini masih memungkinkan untuk pakai perdana tanpa aktivasi rumit. Penjual pulsa eceran sudah menyiapkan paket-paket data dengan berbagai pilihan. Ada yang quota data terbagi-bagi dengan berbagai aplikasi (sekian untuk Facebook, untuk Youtube, untuk dll), ada juga yang gelondongan tanpa pembagian apapun. Nah saya selalu pilih yang kedua, beli paket yang gelondongan.

Untuk tahun depan, 2018, entahlah apakah masih bisa seperti ini atau nggak. Sesuai dengan peraturan pendaftaran nomor, katanya, untuk paket data juga harus didaftarkan… Ah itu urusan nantilah, yang penting selama ini yang saya lakukan tidak melanggar hukum.

Jadi, kalau blusukan, jangan lupa beli sinyal ya… 😀

Advertisements