Summary

Sylvester.: mulai ada ::

lahir di ujung selatan pulau sumatera, anak ke sekian dari keluarga besar, yang selalu tinggal berpindah-pindah sesuai panggilan tugas negara. sejak lahir sempat pindah tempat dua kali sebelum akhirnya ikut keluarga menetap di salah satu ibukota kabupaten di propinsi lampung saat itu (sebelum pemekaran wilayah).

.: kesenangan ::

jaman dahulu sempat senang dengan kegiatan fotografi dengan arah lensa kamera ke atas. bahasa kerennya astrofotografi. untuk ini banyak dibantu oleh rekan-rekan di HAAJ alias Himpunan Astronomi Amatir Jakarta. konsekuensinya adalah sering begadang di cikini, tepatnya di planetarium jakarta, taman ismail marzuki. sempat juga memonitor pergerakan komet halley (1986), gerhana bulan total, dan gerhana matahari total.

.: mulai kerja ::

belum sempat berwiraswasta sudah keburu dipanggil jadi pelayan masyarakat alias pegawai negeri. dan sampe saat ini resminya mengantor di jalan thamrin jakarta.
sempet punya lingkungan yang hangat di sayap selatan gedung satu lantai duapuluh, sampai akhirnya mengalami likuidasi.

.: pendidikan ::

mengawali pendidikan di kota kecil di pedalaman sumatera selatan. dilanjutkan di lampung hingga menengah pertama, lalu mengikuti arus urbanisasi ke ibukota untuk meneruskan pendidikan menengah atas. akhirnya sempat kuliah di daerah jawa barat, tepatnya sebelahan dengan jalan taman sari deket kebon binatang, bandung. sempat juga terdampar di perbatasan belanda-jerman.

.: komputer ::

mulai kenal komputer tahun 1987 saat teknologi canggih itu dikemas dalam mesin ibm compatible dengan kode xt286 bermemori 640 kb dengan 1 disk drive untuk disk berukuran 5.15″ dan sistem operasi dos. bahasa pemrograman yang sempet dipelajari : basic, pascal, fortran, c, borland c++, borland pascal 7 dan assembly. sempet juga mendalami clipper, yaitu bahasa pemrograman ‘NOP’ (ngobyek oriented programming).

.: internet ::

saat mulai aktif di piksi bulan maret 1993, saat itulah pertama kali bersentuhan langsung dengan internet. teknologi jalur i’net yang dipake saat itu adalah paket radio, yang terhubung ke gedung PAU. sampai saat ini masih setia sebagai pengguna internet dan penyumbang warnet di beberapa tempat. sempat senang mempelajari javascript dan perl untuk pemrograman web interaktif. sempat juga membuat beberapa web. e-mail berbasis web yang gratis adalah favorit. biasanya pake account di Yahoo!Mail dan GMail.