Tags

,


Modul Spatial Analyst mempunyai fungsi untuk menghitung suatu kerapatan dengan membuat grid bersifat kontinyu dimana setiap selnya mengandung informasi jumlah per satuan luas. Fungsi ini bernama Calculate Density, dimana biasanya digunakan untuk menghitung kerapatan penduduk, bangunan, dan informasi lain yang nilainya diambil dari data atribut.

Pada proses yang dilakukan, fungsi akan meminta input berupa data shape yang bertipe titik. Luaran yang dihasilkan akan diberi nama secara otomatis sebagai Density from [theme input]. Proses yang terjadi adalah fungsi akan mengubah theme titik menjadi grid yang kontinyu dengan ukuran sel yang kita tentukan. Nilai pada tiap sel merupakan hasil perhitungan jumlah titik pada radius yang ditentukan. Nilai atribut kemudian dijumlahkan dan dibagi dengan luas area pada radius tersebut.

Untuk mencoba fungsi ini kita gunakan (misalnya) data penduduk yang terdapat dalam file shape penduduk.shp, sehingga langkah awal adalah membuka penduduk.shp kemudian aktifkan theme tersebut. Arahkan penunjuk pada Theme penduduk, lalu jalankan fungsi Calculate Density dari menu Analysis.

Akan tampil kotak dialog seperti gambar berikut, dan isian yang diperlukan adalah: Population Field, yaitu menentukan field yang menyimpan data yang akan dicari kerapatannya; Search Radius, radius yang menentukan area dimana titik akan diperhitungkan; Density Type, yaitu Simple atau Kernel dimana Simple hanya memperhitungkan satu nilai pada area yang tercakup dalam radius sedangkan Kernel membagi area dalam radius sehingga hasilnya lebih halus; dan Area Units, merupakan satuan luas yang akan digunakan.

Jika unit map pada View tidak diset, maka satuan sel luaran adalah Square Map Unit dan bersifat tidak dapat diubah. Tetapi jika sudah diset maka satuan luaran dapat berupa Square Miles, Square Kilometers, Acres, Hectares, Square Yards, Square Inches, Square Meters, Square Centimeters, atau Square Millimeters.

Calculate Density bekerja pada data yang ter-select tetapi jika tidak ada data yang ter-select maka fungsi ini akan menghitung semua data pada theme tersebut.

Hasil perhitungan ini tersimpan pada folder kerja yang bersifat temporer, sehingga jika theme tersebut di delete dari View maka akan terdelete otomatis. Untuk itu diperlukan langkah untuk menyimpan hasil yang telah diperoleh melalui menu Theme kemudian pilih Save Data Set. Simpan pada folder data yang digunakan.

Advertisements