Tags

, ,


Bakmi Djowo Pak Doel Noemani, Semarang.

Bakmi Djowo Pak Doel Noemani, Semarang.

Bekerja dengan dilandasi oleh filosofi tidaklah bisa dilakukan oleh semua orang. Filosofi yang dimaksud disini adalah teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan. Dengan adanya filosofi maka diharapkan semua gerak ada dasarnya, baik dari sisi mental maupun spiritual.

Saat berkunjung ke Semarang, saya berkesempatan mampir di warung Bakmi Djowo Pak Doel Noemani cabang Jalan Pemuda (seberang Hotel Paragon).

Saat pemesanan dilakukan, dan proses ini memerlukan waktu karena harus antri, saya melihat selembar kertas berwarna kuning berlaminating. Iseng saya baca, dan ternyata lembaran ini bukanlah menu seperti biasanya. Lembaran ini adalah tentang filosofi yang mendasari Bakmi Djowo Pak Doel Noemani melangkah.

Jika saya tuliskan ulang dari lembaran tersebut, maka seperti berikut ini:

  • Dadiyo wong kang murakabi marang sapodho-padhane
  • Ojo Gumampang lan gampangake, senajan iku satemene pancen ora angel.
  • Eleking sariro ojo siro merekake, jalaran iku pancen peparinge gusti kang Moho Kawoso.
  • Lan mugo-mugo biso lancar anggonmu nggolek pangupo jiwo.
  • Nanduro pakerti kang suci, karaben dadi manungso kang utomo.
  • Ojo siro rumongso biso, nanging kudu bisoa rumongso.
  • Elingo marang gusti kang moho kawoso, jalaran siro kapurba saben dino.
  • Manungso iku mung sadermo, mulo kudu sabar, sareh, narimo, lan cepak ing apuro.
  • Asesanti mugi lestario anggen kulo dagang bakmi djowo.
  • Niat kulo kangge bangun kulo wargo, murih raharjo lan bagyo mulyo.
  • Ing pangesti hamung nyenyuwun sih wilasaning gusti mugi kasembadan sedyo kulo, sinareng tekad kulo paring tetenger “Bakmi Djowo”

Perhatikan huruf yang mengawali semua kalimat diatas, membentuk tulisan: Doel Noemani.

Terus terang saya tidak mengerti secara utuh arti dari tiap kalimat diatas (ada yang bisa bantu?). Tetapi saya yakin ini adalah filsafah yang mendasari Pak Slamet Siswo Harjono dan keluarga dalam membaktikan diri pada dunia kuliner.

Foto dan peta lokasi Bakmi Djowo yang saya datangi dapat dilihat di laman Wisata Kuliner – Bakmi Djowo Pak Doel Noemani Semarang. Sila mampir dan rasakan nikmatnya.

: )